Sabtu, 16 Februari 2013

Panduan dan Contoh Membuat Undangan Aqiqah


Sebelum membuat undangan akikah anak sebaiknya anda mengetahui acara akikah terlebih dahulu. Acara aqiqah sendiri adalah melakukan tahniq, mencukur rambut kepala bayi, memberi nama, berdoa bersama dan menikmati hidangan aqiqah. Sesuai dengan petunjuk Rasul

Rasululloh SAW bersabda : “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad)

Mengenai pembagian daging aqiqah, tidak ada dalil khusus dari Rasulullah SAW. Oleh karena itu ulama berijtihad bahwa kita kembali ke hukum asal, yaitu seseorang yang melaksanakan aqiqah boleh memakannya, menyedekahkannya kepada fakir miskin atau menghadiahkan kepada tetangga, karib kerabat atau teman-teman.

Namun yang lebih utama adalah apabila dilakukan semuanya; Menyedekahkan, menghadiahkan, memberi makan dengannya. Dengan demikian kita dapat benar-benar bersyukur dan semakin banyak orang yang menikmati kesyukuran kita baik dari fakir miskin/anak yatim, tetangga, karib kerabat dan kolega bahkan juga bisa diberikan kepada orang non-muslim.

Indah bukan..! Kelahiran anak kita disambut riang gembira oleh banyak orang disekitar kita.

Contoh Undangan Aqiqah

Kemudian untuk lebih menghormati tetangga, kerabat dan kolega ayah dan ibu bayi sebaiknya dibuatkanlah undangan yang pantas terhadap mereka. Semakin banyak yang hadir dan mendoakan anak kita akan semakin bagus. Namun sebaiknya anda harus memperhitungkan betul jumlah undangan yang dibagikan, jumlah keluarga dan daging yang di aqiqahkan agar semuanya dapat merasakan daging aqiqah.

Tidak seperti undangan pernikahan, undangan aqiqah lebih sederhana dan dapat anda print dengan printer biasa, tidak perlu hingga ke percetakan, kecuali jika anda menganggapnya perlu. Berikut contoh-contoh undangan aqiqah yang dapat dipelajari dan dicontoh.

Undangan aqiqah Photoshop (linksukses.com)
Bisa didownload melalui link ; http://www.4shared.com/zip/mPrPlSDV/Undangan-Aqiqah.html

Undangan aqiqah versi Corel (downloaddesain.com)

Atau anda dapat membuat dengan microsoft word sederhana seperti berikut:

Contoh undangan aqiqah microsoft word 
Dapat didownload melalui halaman ini ; http://contohsuratindonesia.com/contoh-surat-undangan-aqiqah-tasyakuran-kelahiran-bayi/

Selanjutnya bila anda mungkin membutuhkan kartu aqiqah yang nantinya ditempelkan di kotak box hidangan aqiqah yang dibawa pulang oleh tamu undangan (besek). Berikut contoh-contoh kartu aqiqah :



dapat didownload di link ini : https://www.dropbox.com/s/rxkif9j0c92c2ec/AQIQAH.doc

Demikianlah sedikit panduan dan contoh membuat undangan akikah anak semoga dapat membantu ayah dan ibu baru yang sedang berbahagia menyambut si buah hati. Bila ada masukan dan saran jangan sungkan untuk mengomentari artikel ini. Semoga bermanfaat.. !

Oh hampir lupa bila artikel ini bermanfaat tolong di share di facebook dan twitter agar orang lain juga mendapat manfaat.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks yah..
membantu banget buat ane :))
silakan kunjungi http://duadua-juli.blogspot.com jika berkenan

Unknown mengatakan...

sukron banget...

Unknown mengatakan...

MAKASIH MAS, MEMBANTU BANGET (y)

EA Channel mengatakan...

terima kasih banyak

Unknown mengatakan...

sangat tidak bermanfaat.karena tidak bisa digunakan/diedit

Posting Komentar